Mengenal Program Sains Data, Prospek Kerja dan Gajinya

Share article

Mengenal Program Sains Data, Prospek Kerja dan Gajinya ~ Eko.co.id . Halo Sahabat Pakar IT , Pada kesempatan kali ini Mas Eko mau berbagi ilmu pengetahuan terkait apa sih Sains Data? Dan tentunya rekan-rekan semua penasaran dong kalau saya ngambil kuliah data sains ketika lulus saya kerja apa ya?.

Baca juga:  Xiaomi Mi 5: Review Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Terbaru

Nah buat yang masih penasaran jangan khawatir nanti kita akan membahas semua terkait Sains Data ya hehe, agar lebih enak bacanya siapun cemilan dulu ya dan jangan lupa nanti share artikel ini agar bisa bermanfaat juga untuk orang lain.

Apa itu Data Sains?

Dari namanya kita bisa jabarkan yakni Sains dan Data tentunya dari sini kita bisa ambil kesimpulan singkat program studi sains data ini ada bahwa dengan data dong hehehe.

Nah bener, Sains Data ini berupa ilmu terapan yang khusus mempelajari dan melakukan analisis terhadap data. Ya seperti yang belakangan ini sering kita dengar terkait Big Data atau Data Besar. Nah Sains Data ini ada dengan Big Data yang mana pada era teknologi yang semakin maju atau sering disebut era digital seperti saat ini banyak sekali data yang bisa kita analisis mana yang nantinya bisa digunakan untuk mengambil keputusan bisnis kita.

Baca juga:  Review Tamron 11-20mm f/2.8 Alternatif Lensa Wide Sony APS-C

Di Sains Data nanti kita akan mempelajari bagaimana mengolah dan menginterprestasikan data dengan rumus matematika, statistik yang dikombinasikan dengan bahasa pemrograman dan alat lainnya untuk mengelolanya. Semakin akurat analisis data, semakin baik keputusan yang diambil, maka semakin besar laba perusahaan. Inilah contoh ideal dari pentingnya menggunakan data sains sains dalam bisnis.

Dari situ kita bisa ambil kesimpulan bahwa Data science adalah gabungan dari beberapa ilmu seperti ilmu komputer, ilmu statistik, dan ilmu matematika. Sains Data ini awal mulanya dari ilmu statistik yang mana seiring dengan perkembangannya menjjadi konsep baru seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan lain sebagainya.

  Bidang Keilmuan Sains Data 

Program Studi Sains Data ini merupakan salah satu program studi baru yang ada di Indonesia, Sebelum ada Jurusan atau Prodi Sains Data orang yang bekerja dengan big data ini memiliki berbagai macam latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Sains Data dapat dipelajari dari beberapa program studi seperti Teknik Infoematik, Matematika, atau Statistik.

Baca juga:  Xiaomi Mi 6: Review Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Terbaru

Pada Sains Data kita akan mempelajari data yang terstruktur dan tidak terstruktur. Salah satu contoh data terstruktur adalah data demografi dan juga data. Sementara untuk data yang tidak terstruktur antara lain data video, foto, email, media sosial, dan seterusnya. Pada program Sains Data ini kita akan belajar tentang pemrograman, Statistika, Machine Learning, Kalkulus dan Aljabar, Pemetaan Data, Komunikasi dan visualisasi data, Software Engineering, big data, dan juga analisis data perusahaan.

  Peluang Kerja Lulusan Sains Data

Pertanyaan yang sering muncul saat lulusan ilmu data kerja jadi apa ya? Nah buat kamu yang kuliah di data sains tidak perlu khawatir karena lulusan data sains saat ini sangat banyak dicari terutama untuk mengembangkan bisnis dan juga analisis.

Baca juga:  Review Samsung J2 Prime: Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangannya

Buat kamu lulusan sains data kamu bisa bekerja menjadi Data Scientist (Ilmuan Data), Enterpreneur (Wirausahawan), atau kamu juga bisa menjadi konsultan analisis data. Eits pasti masih binggung kerjannya itu ngapain ya hahaha. Nah buat kamu yang masih binggung mari kita bahas satu per satu dibawah ini ya gaes:

  1. Ilmuwan Data (Ilmuan Data)

Data Scientist atau ilmuan data ini nantinya akan kita simpan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk mendapatkan wawasan yang dapat digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan serta dapat mengkomunikasikan temuan tersebut.

Baca juga:  Xiaomi Mi Mix 2: Review Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan

Disini kita membutuhkan pengetahuan yang kuat tentang analisis data, bahasa pemrograman seperti Python atau R, serta kekampuan untuk visualisasi data yang dikombinasikan dengan pengetahuan bidang pekerjaan tertentu.

Selain itu, data scientist juga memiliki tugas melakukan analisis database perusahaan yang nantinya digunakan untuk meningkatkan pengembangan bisnis, pemasaran, dan strategi. Hemm dari sini kita bisa tau bahwa seorang data scientist ini memiliki posisi strategis di perusahaan dong hehehe.

  1. Wirausahawan (Wirausahawan)

Pasti denganMenguasai analisis dan pengelolaan data kita bisa menjadi seorang Enterpreneur (pengusaha). kok bisa? Ya jelas bisa dengan menguasai data sains kita bisa melakukan analisis data untuk bisnis salah satunya adalah dalam bidang pemasaran untuk produk usaha kita atau kita juga bisa menjadi Enterpreneur untuk membantu dalam melakukan analisis data yang tersimpan.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 5A

  1. Konsultan Analisis Data

Nah untuk Konsultan Analisis data ini kita nantinya akan memberikan wawasan kepada pihak yang membutuhkan mana kita akan membantu proses pengambilan keputusan. Analisis konsultan data dapat berspesialisasi dalam bidang industri, kesehatan, bisnis, finansial, sosial maupun bidang lainnya. Perbedaan antara konsultan dan ilmuwan data  internal  atau analis data adalah konsultan dapat bekerja sama dengan pihak yang berbeda dalam periode waktu tertentu.

Baca juga:  Review Spesifikasi Lengkap Smartphone Vivo Y53 Terbaru

Nah sudah sangat jelas bahwa peluang lulusan dari data Sains sangat banyak dicari. semua perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah membutuhkan sains data untuk perusahaan mereka. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali perusahaan yang memiliki data namun hingga saat ini data tersebut belum dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis mereka.

Berdasarkan laporan dari word economy forum terdapat 10 pekerjaan yang paling dicari di Indonesia antara lain adalah Data analyst dan scientist, Big data specialist, AI and machine learning, specialist Digital marketing and strategy specialist, Renewable energy engineer, Process automation specialists, Internet of things psecialists , Spesialis transformasi digital, Manajer administrasi dan layanan bisnis, Profesional pengembangan bisnis.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y15 Terbaru

Dari situ kita bisa melihat bahwa lulusan dari ilmu data memiliki banyak peluang, hanya itu yang berdasarkan laporan dari World Economic Forum (WEF) profesi dari lulusan Sanis data ini merupakan profesi termasuk dalam profesi yang paling bersinar dan paling dibutuhkan tahun 2025 .

Berapa Gaji Data Scientist Di Indonesia?

Hemm gak nyangka dong bahwa lulusan dari data sains ini banyak dicari, sementara untuk gajinya berapa sih? Nah buat kamu yang berdasarkan penasaran laporan “Tren dan Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021” yang disusun perusahaan marketplace lowongan pekerjaan, Glints, gaji data scientist di Indonesia berkisar antara Rp 10.000.000 hingga Rp 20.000.000.

Baca juga:  Cara Mudah Install Virtualmin di Server Centos 7

Gaji lulusan Sains Data
Gaji lulusan Sains Data

Nah dari gambar diatas kita bisa melihat bahwa peluang dari lulusan Data Sains gajinya mengiurkan ya gaes. Nah buat kamu yang mau kuliah di program studi Sains Data kamu bisa memilih diantara kampus-kampus berikut ya gaes:

  1. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga Surabaya ini memiliki program studi Teknologi Sains Data, buat kamu yang berminat mendaftar ke kampus. Untuk biayanya sendiri dilansir dari situs resmi Unair untuk biaya Kuliah Awal adalah tarif minimal (dibayar sekali saat masuk) program studi Teknologi Sains Data yakni sebesar Rp 60.000.000,- sementara untuk Uang Kuliah Semester (dibayar setiap semester) sebesar Rp 9.725. 000.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB membuka program Sains data Program Studi Statistika dan jurusan Sains Data IPB ini ada pada tahun 2020, program studi ini masuk di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk biayanya sendiri dalam Arsitektur MIPA IPB ini bervariasi mulai dari Rp 2.400.000 hingga Rp 11.000.000 tergantung golongannya.

  1. Universitas Nusa Mandiri (UNM)

Universitas Nusa Mandiri membuka program studi Sains Data ini juga belum lama, untuk biayanya sendiri di UNM ini terdiri dari biaya sebesar Rp. 3.000.000,- / semester, Sumbangan Sarana Pendidikan (SSP) antara Rp. 1.875.000,- sampai dengan Rp. 5.625.000,- , biaya Biaya Prakuliah Sebesar Rp. 1.200.000,-, serta biaya pendaftaran online sebesar Rp 200.000,-

Baca juga:  Cara Install Linux, Nginx, MySQL, PHP (LEMP) di Server Centos 7

  1. Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia (IBISA Purworejo)

IBISA ini sebelumnya merupakan Akbid Purworejo yang rubah bentuk menjadi IBISA salah satu program studi yang dibukannya adalah S1 Sains Data. Meski tergolong kampus baru di IBISA ini juga menjadi salah satu rujukan di Jawa Tengah selain biayanya yang tergolong murah di wilayah Purworejo sendiri biaya hidup masih murah.

Untuk biaya S1 Prodi Sains Data di IBISA kisaran Rp 27.950.00 sampai 29.150.000 tergantung pada PCM atau One Day Service. Biaya tersebut sudah termasuk biaya registrasi, UKT, SKS, dan biaya semester dari awal semester hingga lulus untuk pembayaran nanti bisa dicicil persemester. Buat kamu yang mau kuliah Gratis S1 Sains Data di IBISA kamu juga bisa dengan KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Baca juga:  15 Rekomendasi Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *