Tips Service Motor Hemat Ala Mahasiswa, Performa Kendaraan Tetap Oke

Share article

Tips Service Motor Hemat Ala Mahasiswa, Performa Kendaraan Tetap Oke ~ Eko.co.id. Hallo sobat Pakar IT Jogja, tentunya service motor merupakan rutinitas yang harus kita lakukan untuk menjaga kendaraan kita agar tetap oke dan bisa di ajak tempur menelusuri kerasnya hidup di dunia hehe.

Namun sebagai mahasiswa kadang bimbang harus mentingin service motor atau mending buat jalan atau buat makan dulu ya? nah tentu hal seperti itu sering banget kita rasakan. Nah agar lebih hemat ternyata ada caranya lo bagaimana caranya simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Loker HR Generalist dan Accounting di Taigersprung Dimsum Shop Jogja

8 Bagian Penting yang Harus Dicek Saat Melakukan Service Motor

Nah sebagai mahasiswa kita harus memahami apa saja yang harus di cek saat melakukan service motor. hal ini bertujuan agar kita paham dan bisa mengatur keuangan agar kita bisa memanjakan kendaraan kita dengan baik.

Tentunya Service motor merupakan kegiatan yang penting untuk menjaga kondisi motor tetap optimal dan memastikan keamanan saat berkendara. Saat melakukan service motor, terdapat beberapa bagian yang wajib dicek untuk memastikan motor dalam kondisi baik. Berikut adalah 8 bagian yang perlu diperiksa saat melakukan service motor agar motor tetap berjalan dengan baik dan aman:

1. Oli Mesin

Oli mesin memiliki peran penting sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Oli perlu diganti secara rutin sesuai dengan jarak tempuh yang telah ditentukan oleh pabrikan. Biasanya, penggantian oli disarankan setiap mencapai jarak 2500 km.

Baca juga: lowongan Kerja Purchasing Staff di Jogja

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Perbedaan Oli Motor biasa dengan Teknologi Ester. Source: Kota Jogja

Tentunya dengan menggunakan oli dengan teknologi ester kita lebih hemat dalam menganti oli motor.

2. Oli Gardan

Selain oli motor matic, Bagi pemilik motor matic, oli gardan juga perlu diperiksa dan diganti secara rutin. Oli gardan berfungsi untuk melumasi gear pada sistem transmisi otomatis (CVT). Penggantian oli gardan biasanya dilakukan setelah dua kali penggantian oli mesin.

3. Busi

Busi adalah komponen penting dalam motor yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang membantu mesin menyala. Pastikan busi dalam kondisi baik dan tidak aus. Jika ditemukan kerusakan pada busi, sebaiknya lakukan penggantian yang sesuai.

4. Kampas Rem

Sistem pengereman adalah aspek yang sangat penting dalam keselamatan berkendara. Periksa kampas rem secara teratur dan pastikan ketebalannya masih mencukupi. Jika kampas rem sudah tipis, rem akan menjadi kurang responsif dan dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Jangan lupa untuk memeriksa juga cairan rem.

5. Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar kotoran tidak masuk dan menyumbat sistem injeksi atau karburator. Periksa filter udara saat melakukan service motor dan bersihkan atau ganti jika diperlukan.

Baca juga: Berapa Lama Jangka Servis Motor? Ini Bagian yang Wajib Anda Periksa saat Servis

6. Aki atau Accu

Pastikan tegangan aki berada dalam rentang yang tepat, yaitu antara 12,3 hingga 12,6 Volt saat mesin mati, dan 13,7 hingga 14,2 Volt saat mesin menyala. Jika terdapat kebocoran atau korosi pada terminal aki, segera lakukan pemeriksaan dan ganti jika diperlukan.

7. Ban Periksa

kondisi ban secara berkala, termasuk tekanan udara di dalamnya. Pastikan ban tidak aus atau botak dan sesuai dengan standar yang direkomendasikan oleh pabrikan. Ban yang dalam kondisi baik akan meningkatkan kestabilan dan keamanan saat berkendara.

Baca juga: Suraloka Interactive Zoo

8. Tune-up Motor Rutin

Selain pemeriksaan pada bagian-bagian di atas, lakukan juga tune-up motor secara rutin. Tune-up meliputi pemeriksaan semua komponen motor, termasuk tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, sistem rem, dan klakson.

Tune-up motor juga dapat melibatkan penggantian oli mesin dan oli gardan, serta penggantian suku cadang jika diperlukan. Pastikan untuk melakukan tune-up secara teratur guna menjaga performa motor secara keseluruhan. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Baca juga: Wisata Pantai Slili Gunungkidul

Pentingnya mencari Bengkel Servis Motor yang Terpercaya

Untuk mendapatkan pelayanan servis yang baik, sangat penting untuk mencari bengkel servis motor yang terpercaya. Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah Planet Ban. Bengkel servis motor ini menawarkan pengalaman “servis motor rasa baru”. Apa yang dimaksud dengan servis motor rasa baru?

Servis motor rasa baru adalah jenis servis terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan performa dan daya tahan motor dengan cepat dan hemat biaya. Saat melakukan servis motor rasa baru, fokus pemeriksaan dan perbaikan dilakukan pada bagian-bagian vital yang jarang diperhatikan dan dicek secara rutin.

Baca juga: Cara Install Linux, Nginx, MySQL, PHP (LEMP) di Server Centos 7

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

Menggunakan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi, yang dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin. Hal ini membantu menjaga mesin tetap awet dan jarang mengalami kerusakan.

Penggunaan suku cadang asli meningkatkan kenyamanan, keawetan, menjaga suhu mesin tetap rendah, dan membuat akselerasi lebih lancar.

Baca juga: 15 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba

Interval penggantian oli cukup setiap 5000 km (atau sekitar 4-6 bulan sekali), sehingga mengurangi frekuensi kunjungan ke bengkel dan biaya servis menjadi lebih hemat.

Dengan melakukan servis motor secara teratur, Anda juga turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan, karena emisi dan polusi dari motor dapat dikurangi.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain

Saat melakukan servis di tempat lain, seringkali masih terdapat kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan, seringkali terdapat kotoran dan debu yang sulit dijangkau di dalam blok CVT, yang membuat motor terasa berat.

Baca juga: Mengenal Program Sains Data, Prospek Kerja dan Gajinya

Namun, jika Anda melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga terlihat seperti baru. Mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, hingga throttle body akan dibersihkan dari sisa pembakaran, debu, dan kotoran. Dengan demikian, motor akan terasa seperti memiliki mesin baru. Hasilnya, tarikan motor menjadi lebih ringan, emisi gas buang turun lebih dari 70%, efisiensi bahan bakar meningkat, dan mesin menjadi lebih bersih secara keseluruhan.

Harga servis motor di Planet Ban juga terjangkau. Untuk servis motor injeksi, biayanya hanya Rp20.000,-, sedangkan untuk servis CVT sekaligus rantainya hanya Rp19.500,-, dan servis throttle body juga hanya Rp20.000,-.

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Password Wifi Indihome Via PC dan Ponsel

Melakukan service motor secara rutin sangat penting untuk menjaga performa, keamanan, dan ketahanan motor Anda. Beberapa bagian yang wajib dicek saat service motor meliputi oli mesin, oli gardan, busi, kampas rem, filter udara, aki, kondisi ban, dan tune-up motor secara keseluruhan.

Memilih bengkel servis motor yang terpercaya seperti Planet Ban dapat memberikan manfaat tambahan, seperti penggunaan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi, penggunaan suku cadang asli, penggantian oli yang lebih jarang, perlindungan mesin yang lebih baik, dan peningkatan performa motor secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Ide Bisnis Digital Yang Menjajikan

Dengan melakukan servis motor di Planet Ban, Anda juga dapat merasakan hasil yang berbeda, di mana semua bagian mesin akan dibersihkan secara menyeluruh, sehingga motor terasa seperti memiliki mesin baru. Selain itu, harga servis motor di Planet Ban juga terjangkau.

Jadi, pastikan Anda menjaga jadwal servis motor secara teratur dan memilih bengkel servis motor yang terpercaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menjaga motor Anda dalam kondisi terbaik.

Baca juga: Cara Mudah dan Gampang Membuat Orientasi Portrait & Landscape dalam Satu File Word

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 54

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *