Tips Hidup Hemat Elegan Pasca Hari Kemenangan

Share article

Tips Hidup Hemat Elegan Pasca Hari Kemenangan ~ Eko.co.idBukan hanya saat Ramadhan saja terjadi pembengkakan keuangan. Setelah hari kemenangan atau setelah hari raya pun dapat terjadi hal yang serupa. Anggaran untuk mudik, berkumpul bersama keluarga, belanja saat lebaran karena banyak diskon, uang angpao hingga budget untuk reksadana pasar uang yang dimiliki.

Apabila tidak ada perencanaan dengan baik untuk anggaran tersebut, bisa-bisa setelah aktivitas liburan hari raya selesai, justru Anda bisa terjebak hutang yang bisa membuat keuangan Anda makin terpuruk. Sebab, harus melunasinya dalam jangka waktu tertentu sedangkan kebutuhan sehari-hari kadang kala bertambah banyak. Istilah mudahnya adalah gali lubang tutup lubang.

Tips Hidup Hemat Elegan Pasca Hari Kemenangan

Pada saat merayakan hari kemenangan, Anda tak selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk keperluan tertentu sehingga membuat finansial Anda terganggu. Bahkan bisa tidak memegang uang sama sekali pasca hari kemenangan.

Hal semacam ini akan menjadi masalah tersendiri mengingat kebutuhan setelah hari kemenangan juga tidak bisa ditunda. Solusinya adalah Anda harus melakukan penghematan sebelum dan sesudah hari kemenangan tiba. Bagaimana caranya? Berikut tips yang bisa Anda jalankan;

Tips Hidup Hemat di Hari Kemenangan
Ilustrasi Gambar (img by: pexels.com)
  • Atur Pengeluaran Harian

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengatur pengeluaran setiap harinya. Baik itu sebelum hari raya atau sesudah hari raya. Sebab, seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa seringkali terjadi pembengkakan keuangan usai lebaran.

Oleh karena itu, Anda harus pandai mengatur kembali pengeluaran harian. Catat apa saja pengeluaran yang tidak penting, penting dan penting sekali. Pengeluaran harian, mingguan dan bulanan juga harus Anda catat dengan baik. Jangan lupa untuk memberi batasan pada pengeluaran-pengeluaran tersebut agar tidak membengkak.

Misalnya saja untuk pengeluaran tiket mudik, Anda bisa merencanakan jauh hari jika memang ada niat untuk mudik ke kampung halaman. Anda bisa mencari tiket dengan harga murah jauh-jauh hari sehingga bisa lebih hemat. Begitu pula untuk kebutuhan oleh-oleh bisa Anda beli di tempat yang memberikan harga miring. Pun demikian untuk kebutuhan pokok di rumah bisa Anda beli jauh hari sebelum Ramadhan atau hari raya karena harganya masih normal.

  • Menabung

Meskipun finansial Anda sedang bermasalah atau membengkak pada saat hari kemenangan, Anda tetap diwajibkan untuk menabung. Bisa dengan menabung di rumah atau mengambil investasi reksadana pasar uang.

Langkah ini terbilang bijak tanpa harus menunggu dana sisa, sebab jika menunggu dana-dana sisa bisa-bisa tabungan Anda tidak akan mengalami penambahan. Anda harus menyisihkan uang di awal khusus untuk tabungan.

Dengan melakukan investasi reksadana pasar uang atau menabung dengan cara lain, tujuannya adalah agar Anda tetap memiliki dana darurat atau simpanan bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Anda bisa menetapkan berapa nominal tabungan untuk setiap bulannya, dengan demikian segala pengeluaran lain akan jadi lebih terencana. Kondisi keuangan Anda pun tidak akan terlalu buruk pasca hari kemenangan.

  • Liburan di Rumah Saja

Pada saat liburan hari raya, biasanya jatah waktu libur bisa bertambah. Nah, umumnya untuk menikmati liburan tersebut banyak orang yang memilih berlibur di berbagai tempat wisata bersama keluarga.

Padahal aktivitas liburan tersebut dapat berpotensi menguras keuangan Anda. Sebab, sering terjadi kenaikan harga saat liburan tiba. Agar tidak terjadi hal yang demikian, meskipun Anda memiliki reksadana pasar uang sebagai dana cadangan, akan lebih bagus jika merencanakan hal yang lebih positif.

Misalnya saja menghabiskan waktu liburan hari kemenangan di rumah bersama keluarga. Anda bisa menciptakan aktivitas liburan yang seru seperti melakukan permainan, memasak bersama, nonton film atau yang lainnya. selain dapat menghemat uang, juga Anda akan terbebas dari macetnya jalan saat liburan.

  • Manfaatkan Promo atau Diskon

Jajan setelah lebaran, tidak ada salahnya, kok. Anda masih bisa melakukannya dengan bebas asalkan ada batasannya. Jangan sampai melebihi anggaran yang telah dibuat. Agar tetap bisa jajan sesuai keinginan, Anda bisa memanfaatkan promo dan diskon yang banyak bertebaran pada saat setelah lebaran.

Dengan memanfaatkan momen tersebut, Anda bisa lebih banyak melakukan penghematan dan dapat mengalokasikan dana sisa untuk investasi reksadana pasar uang.

  • Cari Penghasilan Tambahan

Apabila dengan melakukan pengaturan anggaran, keuangan Anda tetap saja tidak bisa dikendalikan, maka solusi lain yang harus Anda lakukan adalah mencari penghasilan tambahan. Anda bisa mulai mencoba membuka usaha kecil-kecilan, jadi freelancer atau membuka bisnis online yang dapat dilakukan di sela-sela melakukan pekerjaan utama.

Memiliki penghasilan tambahan akan memberikan banyak manfaat selain dapat menyelamatkan keuangan Anda yang membengkak pasca lebaran. Anda juga bisa menambah reksadana pasar uang yang dimiliki. Dengan begitu investasi Anda akan semakin bertambah banyak.

Bahkan keuntungan yang didapat dari investasi reksadana tersebut dapat Anda gunakan untuk menutupi kekurangan keuangan yang dialami setelah hari raya. Cara ini patut Anda coba.

Pengelolaan Keuangan yang Bijak Melalui Reksadana Pasar Uang

Pengelolaan keuangan dengan baik agar tidak terjadi pembengkakan wajib Anda lakukan. Tidak hanya pada saat bulan Ramadhan atau pasca hari kemenangan saja, di bulan yang lainnya pun tetap harus Anda lakukan.

Pengelolaan keuangan bisa bermacam-macam caranya. Paling mudah adalah dengan membuat anggaran yang sesuai dengan pendapatan dan membatasi pengeluaran. Pengelolaan lain yang bisa dilakukan adalah dengan ikut investasi seperti reksadana pasar uang yang jadi tren belakangan ini.

Investasi reksadana  ini sendiri memiliki beberapa keunggulan yaitu;

  • 3 Pilihan Reksadana berdasarkan Kategori: Kinerja terbaik, Terpopuler, Scoring terbaik.
  • Pilihan lebih dari 50 produk Reksadana yang tersedia.
  • Pembelian berkala yang mudah dan flexible.
  • Investasi Reksadana mulai dari Rp100 ribu.
  • Daftar SID (Single Investor Identification), jual, beli dan switch produk semua dilakukan dalam Aplikasi digibank by DBS.

Semakin cepat Anda memutuskan untuk ikut investasi reksadana pasar uang, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin banyak. Selain tentunya pengelolaan keuangan akan berjalan dengan baik, Jadi, tunggu apalagi. Klik informasi selengkapnya tentang reksadana di sini.

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *