Tanaman Hias Indoor sebagai Solusi Atasi Polusi Udara dan Estetika di Dalam Ruangan

Share article

Tanaman Hias Indoor sebagai Solusi Atasi Polusi Udara dan Estetika di Dalam Ruangan ~ Eko.co.id. Banyak yang mengira bahwa berada di dalam rumah jadi jaminan aman dari polusi udara. Padahal, nyatanya tak demikian. Polusi udara tak cuma ada di dalam ruang, tapi juga di luar ruang. Namun, ada solusi yang dapat membantu mengatasi polusi udara di dalam ruangan: tanaman hias. Lebih dari sekadar penyejuk udara, tanaman hias juga memainkan peran penting dalam menambah estetika dari desain rumah.

Polusi udara dalam ruang terjadi karena sebagian besar aktivitas masyarakat yang dilakukan di dalam ruangan. Sayangnya, polusi ini sering kali tak disadari, dan kualitas udara yang buruk dapat berdampak negatif terhadap kualitas tidur.

Baca juga: Mengapa Angin Bisa Bertiup Kencang: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Angin

Sebuah penelitian dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan bahwa sejumlah tanaman populer dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruang. Tanaman-tanaman ini tidak hanya membuat ruangan lebih hijau, tetapi juga dapat membantu seseorang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tanaman-Tanaman Penyerap Polusi yang Cocok untuk Ruang Dalam

Berikut ini adalah tanaman-tanaman yang cocok digunakan untuk menyerap pulusi serta menambah estetika dalam desain rumah kita menjadi lebih indah:

1. Aglaonema (Sri Rezeki)

 Tanaman ini terkenal dengan sebutan sri rezeki di Indonesia. Aglaonema dapat tumbuh di dalam ruang dengan kondisi pencahayaan rendah, sehingga perawatannya terbilang mudah. Namun, penting untuk menjauhkannya dari hewan peliharaan, karena dapat menjadi racun jika tergigit.

Baca juga: Perbedaan Antara Dedicated Server dan VPS: Kelebihan dan Kekurangannya

2. Spider Plant

Seperti aglaonema, tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan rumit. Spider plant dapat tumbuh dalam berbagai kondisi dan hanya perlu disiram sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

3. Lidah Mertua

Lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Selain membantu tidur lebih nyenyak, tanaman ini juga dapat menyerap polutan seperti benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene yang dapat menyebabkan kanker.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang ramah terhadap kamar atau ruangan tanpa/minim cahaya matahari. Menempatkannya di kamar dapat membuat istirahat malam menjadi lebih nyenyak, karena tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen ke udara.

Baca juga: 5 Referensi Kampus Terbaik untuk Jurusan Tari

5. Rubber Plant (Ficus Elastica)

Tanaman karet atau Ficus Elastica adalah tanaman hias indoor populer asal Asia Tenggara. Dikenal dengan daun besar dan berkilau, Rubber Plant juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari racun. Tumbuh hingga 1 meter panjangnya, tanaman ini membutuhkan cahaya terang yang tidak langsung dan tanah lembab.

Merupakan salah satu tanaman hias indoor yang mudah dirawat, Rubber Plant memerlukan pupuk seimbang setiap dua minggu selama musim tanam. Tempatkan tanaman ini di tempat yang terkena cahaya terang, siram secara teratur, dan pastikan tanah tidak terlalu basah. Ficus Elastica akan menjadi tambahan indah dan bermanfaat untuk rumah Anda.

6. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa adalah tanaman hias tropis yang berasal dari hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan. Dikenal dengan daun besar dan berlubang, tanaman ini dapat tumbuh hingga 1 meter panjangnya. Monstera Deliciosa juga merupakan tanaman merambat yang bisa mencapai tinggi 20 meter.

Tanaman ini relatif mudah dirawat dengan persyaratan cahaya terang yang tidak langsung dan tanah yang lembab. Pupuk seimbang setiap dua minggu selama musim tanam akan membantu pertumbuhan Monstera Deliciosa. Daun hijau tua yang mengkilap dan tekstur yang unik membuatnya menjadi pilihan ideal untuk mempercantik interior rumah Anda.

7. Peace Lily

Tanaman hias indoor terakhir  yang patut Anda pertimbangkan adalah Peace Lily atau Spathiphyllum. Populer karena perawatannya yang mudah dan keindahannya, Peace Lily memiliki bunga berwarna putih yang menutupi bunga kecil di dalamnya. Selain sebagai tanaman hias, Peace Lily juga dikenal sebagai pembersih udara alami yang dapat membantu menghilangkan racun dari udara.

Peace Lily berasal dari daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan, tumbuh hingga setinggi 1 meter dengan daun berwarna hijau tua yang mengkilap. Tanaman ini dapat mekar sepanjang tahun, terutama jika mendapatkan paparan cahaya terang yang tidak langsung. Perawatannya relatif mudah dengan memerlukan tanah lembab dan pupuk seimbang setiap dua minggu selama musim tanam.

Menghadirkan tanaman-tanaman ini dalam ruang dalam dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas udara dan kualitas tidur. Dengan perawatan yang mudah, kehadiran tanaman hias ini tidak hanya memberikan keindahan visual tetapi juga manfaat kesehatan yang signifikan.

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *