Perbedaan Antara Dedicated Server dan VPS: Kelebihan dan Kekurangannya

Share article

Perbedaan Antara Dedicated Server dan VPS: Kelebihan dan Kekurangannya ~ Eko.co.id (Pakar IT Jogja).  Ketika Anda tengah merencanakan pembuatan sebuah website, pasti ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dengan cermat. Selain memilih nama domain dan penyedia web hosting terbaik, pemilihan jenis hosting juga menjadi hal krusial yang tidak boleh diabaikan, termasuk jika Anda sedang mempertimbangkan antara beli VPS dan dedicated server 

Baca juga: Mengikuti Sunnah Nabi: Tata Cara Wudhu yang Benar

Pemilihan antara dedicated server dan VPS tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan masih memerlukan kendali yang baik, VPS bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mengoperasikan website atau aplikasi yang memerlukan performa maksimal dan memiliki anggaran lebih besar, dedicated server mungkin lebih sesuai.

Sebelum mengambil keputusan, ketahui terlebih dulu perbedaan antara kedua platform hosting tersebut untuk berikutnya dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, apa saja perbedaan antara dedicated server dan VPS? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, kenali terlebih dulu apa itu dedicated server dan VPS.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Mengenal Apa Itu Dedicated Server

Dedicated server merupakan suatu layanan web hosting yang disewakan dalam bentuk server fisik secara eksklusif untuk digunakan oleh penggunanya. Dalam konfigurasi dedicated server, seluruh sumber daya server, termasuk CPU, RAM, penyimpanan, dan bandwidth, disediakan hanya untuk satu pengguna atau satu organisasi, sehingga pengguna memiliki kendali penuh atas sumber daya tersebut.

Pemilihan dedicated server sangat sesuai untuk bisnis yang memerlukan sumber daya server yang besar dan performa yang konsisten untuk menghosting website dengan jumlah pengunjung yang tinggi, atau yang membutuhkan akses eksklusif ke sumber daya server. Dengan dedicated server, pengguna memiliki hak akses root, memungkinkan mereka untuk menginstal, mengonfigurasi sistem operasi, aplikasi, dan alat-alat lain sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Manfaat Membaca Sholawat: Mendalamkan Rasa Cinta dan Kedekatan dengan Rasulullah

Lalu, Apa Itu VPS?

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah layanan hosting yang memberikan akses kepada pengguna ke server virtual yang berperan sebagai entitas fisik terpisah. Dalam konsep VPS, satu server fisik dapat dipartisi menjadi beberapa server virtual, dan masing-masing server virtual ini dilengkapi dengan sumber daya terisolasi seperti CPU, RAM, dan ruang penyimpanan.

Baca juga: Tips Servis Motor Hemat Ala Mahasiswa, Performa Kendaraan Tetap Oke

Dengan VPS, pengguna memiliki kemampuan untuk menginstal serta mengonfigurasi aplikasi dan sistem operasi sesuai dengan kebutuhan individu mereka. Pengguna juga mendapatkan kendali penuh atas server virtual yang mereka gunakan. Selain itu, pengguna VPS dapat merasakan manfaat dari aspek ekonomisnya, karena mereka tidak diharuskan untuk membeli atau merawat server fisik secara langsung.

Perbedaan Antara Dedicated Server dan VPS

Dedicated server dan VPS memiliki kesamaan sebagai platform pengelola website, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan signifikan berupa:

  • Tingkat Fleksibilitas

Perbedaan pertama terdapat pada fleksibilitasnya. Pengguna VPS dapat menikmati tingkat fleksibilitas yang tinggi dalam mengelola layanan hosting mereka. VPS memungkinkan Anda untuk memilih sistem operasi (OS) yang akan digunakan untuk hosting, control panel, dan perangkat lunak tambahan seperti firewall untuk meningkatkan keamanan.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan dari Penghasilan Tidak Tetap

Selain itu, sumber daya yang melimpah pada VPS memungkinkan Anda untuk menangani lalu lintas dengan baik, baik dalam skala kecil maupun besar. Dengan begitu, ketika ada lonjakan pengunjung, website Anda tetap dapat diakses dengan mudah.

Di sisi lain, dedicated server menawarkan tingkat kebebasan yang lebih tinggi. Karena Anda adalah satu-satunya pengguna server tersebut, Anda dapat mengakses kapasitas sumber daya secara eksklusif. Dengan dedicated server, Anda tidak hanya dapat menangani lalu lintas dalam jumlah besar, tetapi juga dapat menginstal berbagai perangkat lunak tambahan sesuai kebutuhan website tanpa khawatir membebani server.

  • Tingkat Keamanan

Meskipun VPS menawarkan tingkat keamanan yang cukup baik, penggunaan bersama oleh beberapa pengguna dapat berdampak pada tingkat keamanan. Jika salah satu pengguna VPS mengalami serangan hacker atau malware, dampaknya juga dapat mempengaruhi pengguna lain di server yang sama.

Baca juga: Tips Hidup Hemat Elegan Pasca Hari Kemenangan

Sebagai contoh, jika ada serangan DDoS yang membebani server, performa server VPS mungkin akan merosot, dan ini akan dirasakan oleh semua pengguna dalam server tersebut.

Sebaliknya, dedicated server dapat dianggap lebih aman karena Anda adalah satu-satunya pengguna yang menguasainya. Artinya, Anda dapat mengoptimalkan langkah-langkah keamanan dengan lebih baik untuk melindungi server Anda dari cyber attack.

Kesimpulan

VPS menawarkan tingkat fleksibilitas yang tinggi dan mampu menangani lalu lintas dengan baik. Namun, keamanan mungkin sedikit terpengaruh oleh pengguna lain di server yang sama. Di sisi lain, dedicated server menawarkan tingkat kebebasan dan keamanan yang lebih baik karena Anda adalah satu-satunya pemiliknya. Pilihan antara VPS dan dedicated server tergantung pada prioritas dan kebutuhan Anda dalam hal kontrol, kinerja, dan keamanan hosting.

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Password Wifi Indihome Via PC dan Ponsel

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *