Mengikuti Sunnah Nabi: Tata Cara Wudhu yang Benar

Share article

Mengikuti Sunnah Nabi: Tata Cara Wudhu yang Benar ~ Eko.co.id (Pakar IT Jogja). halo sobat eko, berikut ini adalah artikel yang sudah kami siapkan untuk kamu yang sedang mencari info terkait Tata Cara Wudhu yang Benar.

Wudhu adalah Langkah Suci Menuju Ibadah

Wudhu adalah langkah awal yang suci menuju ibadah, terutama saat kita hendak melakukan sholat. Ini bukan hanya sekadar menjaga kesucian fisik, tetapi juga mengikuti teladan terbaik yang pernah ada dalam sejarah manusia, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Menurut Syaikh Muhammad Fahd dan Syaikh Bin Baz dalam buku “Sifat Wudhu & Shalat Nabi,” wudhu adalah cara suci yang telah ditetapkan oleh Allah SWT, yang melibatkan penggunaan air suci pada bagian-bagian tertentu dari tubuh. Wudhu juga merupakan bentuk penyucian diri sebelum melaksanakan sholat. jangan lupa ketika bersuci membaca niat wudhu.

Baca juga: Teks Bacaan Tahlil NU Lengkap Arab Latin dan Artinya

Allah SWT Menetapkan Wudhu dalam Al-Quran

Pensyariatan wudhu ditetapkan langsung oleh Allah SWT dalam Al-Quran. Sebagaimana yang dinyatakan dalam Surat Al-Maidah ayat 6:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu berdiri hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku serta usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki.”

Tata Cara Wudhu yang Benar Menurut Sunnah Nabi

Tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW dapat dipahami melalui tindakan-tindakan yang dicatat oleh para sahabat Nabi dalam berbagai riwayat hadits. Utsman bin Affan, seorang sahabat Nabi, mempraktikkan tata cara wudhu sebagai berikut:

  1. Berniat dalam hati untuk berwudhu.
  2. Membaca basmalah, “bismillaahirrahmaanirrahiim.”
  3. Membasuh kedua telapak tangan tiga kali.
  4. Berkumur tiga kali.
  5. Menghirup air ke dalam hidung sebanyak tiga kali.
  6. Membasuh seluruh bagian wajah yang terlihat sebanyak tiga kali.
  7. Membasuh kedua tangan hingga siku, dimulai dari yang kanan, kemudian tangan kiri, sebanyak tiga kali.
  8. Mengusap kepala tiga kali.
  9. Membasuh kedua telinga tiga kali, dimulai dari yang kanan, lalu yang kiri.
  10. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki tiga kali, dimulai dari yang kanan, kemudian kaki kiri.
  11. Membaca doa setelah wudhu.

Imam Nawawi, dalam kitab Al-Adzkar, menjelaskan bahwa membaca doa setiap membasuh anggota tubuh saat wudhu tidak memiliki dasar dari sunnah Rasul SAW. Namun, para ulama fiqih menyatakan bahwa ada kebebasan untuk membaca doa-doa yang diketahui dari ulama salaf setelah membaca basmalah saat berwudhu.

Dengan mengikuti tata cara wudhu sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, kita dapat memastikan bahwa kita menjalankan ibadah ini dengan benar dan sesuai dengan ajaran yang ditetapkan oleh Allah SWT. Wudhu bukan hanya sebuah kewajiban, tetapi juga merupakan langkah suci dalam persiapan untuk mendekatkan diri kepada-Nya melalui sholat.

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *