7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Share article

7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa ~ Eko.co.id (Pakar IT Jogja). Daun kelor, atau dalam bahasa ilmiahnya Moringa oleifera, telah dikenal sebagai obat herbal yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Daun kelor telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah kanker dan menjaga tekanan darah. Keunggulan ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi dan antioksidan yang melimpah di dalamnya.

Baca juga: Cara Mudah dan Gampang Membuat Orientasi Portrait & Landscape dalam Satu File Word

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi pada 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi kadar gula darah puasa sebesar 13,5%. Selain itu, penelitian lain pada enam orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan dapat mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%. Ini berkat senyawa seperti isothiocyanate yang terkandung dalam daun kelor.

2. Menurunkan Berat Badan

Daun kelor juga memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan. Ini dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam delapan minggu, mereka yang mengonsumsi suplemen yang mengandung kelor, kunyit, dan kari kehilangan berat badan sebanyak 4,8 kg. Hasil penelitian serupa pada 130 orang yang kelebihan berat badan menunjukkan penurunan berat badan sebanyak 5,4 kg selama 16 minggu.

Baca juga: Manfaat Membaca Sholawat: Mendalamkan Rasa Cinta dan Kedekatan dengan Rasulullah

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan dalam tubuh adalah respons alami terhadap infeksi atau cedera. Meskipun penting, peradangan yang berkepanjangan dapat menjadi masalah kesehatan serius. Daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan ini berkat senyawa anti-inflamasi seperti isothiocyanate. Mereka menghambat enzim peradangan dan protein dalam tubuh, dan ekstrak daun kelor dapat signifikan mengurangi peradangan dalam sel.

4. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Daun kelor kaya akan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, quercetin, dan chlorogenic acid. Mereka membantu melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif.

Baca juga: Tips Servis Motor Hemat Ala Mahasiswa, Performa Kendaraan Tetap Oke

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Kolesterol tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung. Daun kelor dapat membantu dalam mengontrol kadar lipid darah, mencegah pembentukan plak di arteri, dan menurunkan kadar kolesterol. Studi pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa Moringa oleifera dapat efektif menurunkan kolesterol.

6. Mendukung Kesehatan Otak

Daun kelor juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Vitamin E dan C yang tinggi dalam daun kelor melawan oksidasi yang dapat menyebabkan degenerasi neuron. Selain itu, daun kelor dapat memengaruhi neurotransmitter seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang berperan dalam fungsi otak, memori, suasana hati, dan kesehatan mental.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan dari Penghasilan Tidak Tetap

7. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang sering tidak disadari hingga mencapai stadium parah. Daun kelor dapat membantu mencegahnya dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Ini berkat kandungan antioksidan yang kuat dalam daun kelor.

Dalam rangka menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, memasukkan daun kelor dalam diet Anda bisa menjadi pilihan yang cerdas. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jamu, teh herbal, suplemen, atau bahkan sebagai bahan masakan. Manfaat daun kelor untuk kesehatan ini memang sangat berharga, dan patut dipertimbangkan sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Baca juga: Tips Hidup Hemat Elegan Pasca Hari Kemenangan

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *