2 Cara Mudah Menambah User Baru dengan Terminal di Linux

Share article

2 Cara Mudah Menambah User Baru dengan Terminal di Linux ~ Eko.co.id (Sistem Operasi). Hallo sobat calon Konsultan IT, apakah kamu sedang sedang belajar linux dan saat ini sedang berusaha menambah user baru dan masih binggung? nah buat yang masih binggung jangan khawatir karena pada pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara mudah menambahkan user baru di linux dengan terminal dengan perintah Useradd dan Adduser.

Perlu kita tau bahwa dalam dunia teknologi informasi, manajemen user merupakan aspek krusial dalam menjaga keamanan dan efisiensi sistem operasi. Terutama pada sistem operasi Linux, setiap pengguna dianjurkan memiliki akun tersendiri saat mengakses sistem. Langkah ini bertujuan untuk memastikan setiap user memiliki folder home sendiri, serta mencegah akses tidak sah dan potensi kerusakan data oleh pihak yang tidak berwenang. Dengan demikian, setiap pengguna dapat melindungi data pribadi mereka dari akses publik.

Baca juga: Password Root Salah, Apa Password Root Default di Ubuntu, Bagaimana Cara Merubah?

Manajemen user juga memungkinkan pengaturan hak akses yang lebih spesifik terhadap file dan folder. Pengguna dapat menetapkan hak akses untuk pemilik (owner), grup, dan publik. Selain itu, hak akses bisa diatur sedemikian rupa sehingga hanya user tertentu yang memiliki wewenang sebagai administrator (root), sementara yang lainnya berstatus sebagai user biasa.

Linux Ubuntu: Multi User Account untuk Efisiensi dan Keamanan

Linux Ubuntu, salah satu distribusi Linux yang populer, menawarkan fitur multi user account. Fitur ini memungkinkan pembuatan beberapa user dalam satu sistem operasi, sehingga setiap user dapat memiliki lingkungan kerja yang terisolasi dan aman.

Perintah Membuat User Baru di Linux Ubuntu

Proses pembuatan user baru di Linux Ubuntu cukup sederhana. Ada dua perintah utama yang bisa digunakan, yaitu adduser dan useradd. Meski terdengar mirip, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam operasionalnya:

  1. Useradd:
    • Membuat user tanpa meminta pengaturan password terlebih dahulu.
    • Tidak membuat direktori home untuk user yang baru dibuat.
    • Tidak menyertakan keterangan lengkap mengenai user tersebut.
  2. Adduser:
    • Membuat user dan secara bersamaan meminta pengaturan password.
    • Membuat direktori home untuk user tersebut.
    • Menyertakan keterangan lengkap mengenai user yang dibuat.

Baca juga: Cara Mudah Install Linux Ubuntu di VirtualBox untuk Pemula

Panduan Langkah demi Langkah Membuat User Baru

Berikut ini adalah cara membuat user baru di Ubuntu menggunakan kedua perintah tersebut:

Membuat User Baru Dengan Perintah Adduser

1. Untuk membuat user baru

Anda harus masuk sebagai root dengan menyertakan kata “sudo” diawal perintah yang ingin dieksekusi. atau jika kamu lupa, kamu bisa membaca artikel sebelumnya tentang Apa Password Root Default di Ubuntu, Bagaimana Cara Merubah?.

Disini kita akan membuat user baru dengan adduser dengan perintah sudo adduser <nama user>. Contohnya: sudo adduser ekobaru. Lalu, tekan Enter. Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan password untuk user baru Anda.

$ sudo adduser <nama user>
Contoh: $ sudo adduser ekobaru

Baca juga: Perbedaan Antara Dedicated Server dan VPS: Kelebihan dan Kekurangannya

2. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi informasi untuk user baru seperti nama lengkap, nomor telepon dan yang lainnya (Anda dapat mengosongkan informasi yang tidak Anda perlukan).

Cara menambahkan User baru di linux dengan adduser
Cara menambahkan User baru di linux dengan adduser

3. Setelah selesai mengisi informasi tersebut, ketik huruf “Y” sebagai konfirmasi bahwa informasi yang Anda buat sudah benar.

4. Nah, sekarang, Anda sudah bisa login dengan akun user baru Anda dengan mengetik perintah sudo login <nama user>. Contoh: sudo login ekobaru.

Baca juga: Rahasia di Balik Keberhasilan Pengembangan RPL: Panduan Lengkap Scrum

Membuat User Baru Dengan Perintah Useradd

1. Untuk membuat user baru, Anda harus masuk sebagai root dengan menyertakan kata “sudo” diawal perintah yang ingin dieksekusi. Disini kita akan membuat user baru dengan useradd dengan perintah sudo useradd <nama user>. Contohnya: sudo useradd ekoIT. Lalu, tekan Enter.

sudo useradd <nama user>
Contohnya: sudo useradd ekoIT

2. Karena useradd tidak meminta Anda untuk mengatur password, Anda masih bisa membuat password pada user tersebut dengan mengetik perintah sudo passwd <nama user>. Contoh: sudo passwd ekoIT.

sudo passwd <nama user>
Contoh: sudo passwd ekoIT.

3. Nah, sekarang, Anda sudah bisa login dengan akun user baru Anda dengan mengetik perintah sudo login <nama user>. Contoh: sudo login ekoIT.

Cara menambah User Baru Diterminal Linux dengan Useradd
Cara menambah User Baru Diterminal Linux dengan Useradd

4. Untuk keluar dari user tersebut, ketik perintah exit.

Baca juga: Cara Mudah Install Linux Ubuntu di VirtualBox untuk Pemula

Manajemen user di Linux Ubuntu bukan hanya soal membuat akun baru, tetapi juga bagaimana akun tersebut dikelola dengan baik agar setiap pengguna memiliki hak akses yang sesuai. Dengan memahami perbedaan antara perintah useradd dan adduser, administrator sistem dapat mengatur user secara lebih efektif, menjaga keamanan data, dan memastikan operasional sistem yang optimal.

Terimakasih telah membaca 2 Cara Mudah Menambah User Baru dengan Terminal di Linux  semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Eko.co.id  atau bisa juga baca berita kami di Google News Eko

Baca juga: Perbedaan Penting Antara apt-get update, upgrade, dan dist-upgrade pada Linux

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 54

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *