Password Root Salah, Apa Password Root Default di Ubuntu, Bagaimana Cara Merubah?

Share article

Password Root Salah, Apa Password Root Default di Ubuntu, Bagaimana Cara Merubah? ~ Eko.co.id (Sistem Operasi). Hallo sobat pakar IT Jogja, nah apakah kamu saat ini sedang binggung mencari password root defaut di Linux? nah buat yang binggung jangan khawatir karena pada artikel kali ini akan kita bahas tuntas terkait password default root dari linux.

Baca juga: Perbedaan Penting Antara apt-get update, upgrade, dan dist-upgrade pada Linux

Biasanya saat kamu ingin mencoba menginstal aplikasi di Ubuntu melalui terminal atau Ubuntu Software Center (USC), Anda akan diminta untuk memasukkan password. Banyak pengguna baru yang bingung mengenai password mana yang harus dimasukkan: apakah itu password root atau password yang Anda buat saat menginstal Ubuntu?

Secara default, Ubuntu tidak mengatur password untuk user root. Password root memang tidak diset oleh sistem operasi ini. Sebagai gantinya, Ubuntu menggunakan mekanisme yang disebut sudo (super user do) untuk memberikan hak akses admin kepada pengguna biasa. Oleh karena itu, ketika diminta memasukkan password root, Anda mungkin bingung karena sebenarnya Anda belum pernah mengaturnya.

Baca juga: Perbedaan Antara Dedicated Server dan VPS: Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk mendapatkan akses root, Anda cukup menggunakan password sudo pada terminal linux, yaitu password yang Anda buat saat menginstal Ubuntu. Jadi, ketika Anda diminta memasukkan password saat menginstal aplikasi atau melakukan perubahan sistem lainnya, masukkan saja password sudo Anda.

Namun, jika Anda ingin menetapkan password root, Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui terminal. Berikut langkah-langkah merubah password root linux ubuntu secara mudah:

1. Buka terminal.

2. Ketik perintah berikut:

sudo passwd root

3. Anda akan diminta memasukkan password root yang baru sebanyak dua kali untuk konfirmasi.

Baca juga: Cara Mudah Install Virtualmin di Server Centos 7

Namun, perlu diingat bahwa mengatur password root tidaklah wajib. Untuk sebagian besar kebutuhan, memasukkan password sudo sudah cukup. Penggunaan password sudo lebih aman dan direkomendasikan karena menjaga integritas sistem dan mencegah akses root yang tidak sah.

Jika setelah menetapkan password root Anda berubah pikiran dan ingin membatalkannya, Anda bisa menjalankan perintah berikut di terminal:

sudo passwd -dl root

Perintah ini akan menghapus password root yang telah Anda set.

Baca juga: Cara Mudah Install Linux Ubuntu di VirtualBox untuk Pemula

Untuk sebagian besar pengguna Ubuntu, penggunaan password sudo sudah memadai untuk menjalankan tugas-tugas administrasi dan instalasi aplikasi. Tidak ada password root default di Ubuntu karena sistem ini tidak mengaktifkan akun root secara default. Memasukkan password yang Anda buat saat instalasi Ubuntu akan memungkinkan Anda mengakses dan mengelola sistem dengan hak admin. Jika Anda memutuskan untuk menetapkan password root, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati dan hanya jika diperlukan.

Terimakasih telah membaca Password Root Salah, Apa Password Root Default di Ubuntu, Bagaimana Cara Merubah? semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Eko.co.id – Pakar IT Jogja atau bisa juga baca berita kami di Google News Eko

Baca juga: Cara Install Linux, Nginx, MySQL, PHP (LEMP) di Server Centos 7

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 54

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *