Mengenal PAFI: Pilar Penting dalam Pembangunan Kesehatan Indonesia

Share article

Mengenal PAFI: Pilar Penting dalam Pembangunan Kesehatan Indonesia ~ Eko.co.id. Sejarah panjang Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) bermula dari semangat perjuangan kemerdekaan yang digaungkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Ahli farmasi, bersama elemen masyarakat lainnya, berjuang tanpa lelah untuk melenyapkan penjajahan dari bumi pertiwi dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setelah kemerdekaan, mereka terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa, khususnya di bidang kesehatan dan farmasi.

Baca juga: Fenomena Transformasi Agile: Alasan Mengapa Banyak Perusahaan Beralih Menjadi Agile?

Pada awalnya, ahli farmasi di Indonesia berperan aktif dalam berbagai aspek pembangunan negara. Dengan semangat pengabdian, mereka tidak hanya fokus pada tugas keseharian mereka tetapi juga berupaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang lebih baik. Keterlibatan aktif ini menjadi bukti nyata bahwa ahli farmasi merupakan potensi pembangunan yang sangat penting bagi bangsa.

dilansir dari pafimalukutenggarabarat.org, Lahirnya PAFI pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta menjadi tonggak bersejarah. Organisasi ini dibentuk sebagai wadah untuk menghimpun seluruh tenaga ahli yang berkarya di bidang farmasi. Dengan nama Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang kemudian disingkat menjadi PAFI, organisasi ini menetapkan dirinya sebagai salah satu pilar penting dalam pembangunan kesehatan nasional.

Baca juga: Rahasia di Balik Keberhasilan Pengembangan RPL: Panduan Lengkap Scrum

PAFI beroperasi di seluruh wilayah NKRI dengan berlandaskan pada asas Pancasila. Organisasi ini bersifat kekaryaan dan pengabdian, mencerminkan komitmen mereka dalam memajukan profesi farmasi di Indonesia. PAFI berperan aktif dalam mewujudkan berbagai tujuan mulia, antara lain:

  1. Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur: Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, PAFI berupaya menciptakan masyarakat yang adil dan makmur dengan berfokus pada keadilan sosial dan peningkatan kualitas hidup.
  2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal: PAFI berkomitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui berbagai program dan layanan farmasi yang berkualitas.
  3. Mengembangkan dan Meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia: Melalui penelitian, pendidikan, dan inovasi, PAFI terus berupaya mengembangkan sektor farmasi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.
  4. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota: PAFI juga memperhatikan kesejahteraan anggotanya dengan menyediakan berbagai program yang mendukung peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan sosial ekonomi.

Baca juga: Pendekatan Agile di Perusahaan: Menjaga Fokus dan Disiplin dalam Siklus Cepat

PAFI dan pengurus pusatnya berperan sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan hak dan kewajiban ahli farmasi di Indonesia. Dengan jaringan yang luas dan dukungan dari seluruh anggotanya, PAFI terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan kesehatan nasional. Mereka yakin bahwa dengan kolaborasi yang solid, Indonesia dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai organisasi profesi, PAFI tidak hanya menjadi tempat berkumpulnya ahli farmasi tetapi juga menjadi motor penggerak dalam memajukan sektor kesehatan di Indonesia. Ke depan, PAFI terus berkomitmen untuk berkontribusi secara aktif dalam setiap aspek pembangunan kesehatan, sejalan dengan visi Indonesia yang sehat dan sejahtera.

Terimakasih telah membaca Mengenal PAFI: Pilar Penting dalam Pembangunan Kesehatan Indonesia semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Eko.co.id – Pakar IT Jogja atau bisa juga baca berita kami di Google News Eko

Baca juga: Mengenal Agile methodology: Sejarah, Pengertian, Prinsip dan Alasan Menggunakan Metode tersebut

Share article
Mas Eko
Mas Eko

Hidup adalah sebuah perjalanan. Senyum adalah salah satu cara bersukur menikmati qadha dan qadar dari Allah.

Articles: 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *