Bagaimana Cara Mengunci (Freeze) Baris atau Kolom di Microsoft Excel

Bagaimana Cara Mengunci (Freeze) Baris atau Kolom di Microsoft Excel (Eko.co.id). Selamat datang di website Konsultan IT Jogja sobat semua. Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan mas Eko mau berbagi informasi terkait tutorial dari Microsoft Excel. Tutorial yang akan mas eko bagikan kali ini terkait bagaimana cara mengunci baris dan kolom di aplikasi Microsoft Excel.

Tentunya Microsoft Excel merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi kehidupan kita, terutama bagi yang suka membuat laporan keuangan tentu aplikasi ini sangat berharga dan sangat berguna. Jika sudah melakukan perhitungan data banyak jangan sampai kita salah memasukan data, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan adalah dengan cara membekukan atau mengunci judul baris dan kolom untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam memasukan data.

Dengan adanya fitur Freeze yang ada pada Ms Excel tentu akan memudahkan kita, lalu bagaimana cara mengunci baris dan kolom dalam aplikasi Microsoft Excel, silahkan simak tutorialnnya berikut ini.

Cara Mengunci Kolom atau Baris di Excel

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan jika kita hendak mengunci atau membekukan baris dan kolom di ms Excel adalah dengan cara memiliki file atau data. Untuk itu silahkan buka file excel yang hendak di kunci baris atau kolomnya.

2. Kemudian langkah kedua adalah pilih baris atau kolom mana yang hendak di kunci atau dibekukan.

3. Klik menu view

4. Poli opsi Freeze Panes.

Tuliskan langkah cara mengunci kolom dan baris di Microsoft Excel - Bagaimana Cara Mengunci (Freeze) Baris atau Kolom di Microsoft Excel

cara mengunci kolom dan baris di Microsoft Excel

5. Pada opsi Freeze Panes terdapat 3 pilihan antara lain Freeze Top Row (jika ingin mengunci baris paling atas), Freeze Top Column (jika ingin mengunci kolom paling kiri), Freeze Panes (yang akan mengunci baris dan kolom)

Sudah cukup lengkap ya silahkan praktik sendiri agar bisa lebih paham ya. Terimakasih telah berkunjung di konsultan IT Jogja, semoga artikel Bagaimana Cara Mengunci (Freeze) Baris atau Kolom di Microsoft Excel ini bisa berguna dan bermanfaat.

author
Author: 
Bekerja Keras Untuk Ibadah dan Keluarga
Begini Cara Mudah Screenshot Layar Hp Samsung A02s
Begini Cara Mudah Screenshot Layar Hp Samsung A02s
Begini Cara Mudah Screenshot Layar Hp Samsung

Leave a reply "Bagaimana Cara Mengunci (Freeze) Baris atau Kolom di Microsoft Excel"

Must read×

Top